Nasional

Mantan Kajari Indragiri Hulu Divonis 5 Tahun Bui

asahannews.com – Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru menjatuhkan hukuman lima tahun penjara kepada eks Kepala Kejaksaan Negeri atau Kajari Indragiri Hulu (Inhu) Hayyin Suhikto. Terdakwa dinyatakan  terbukti secara sah bersalah terlibat pemerasan kepada 61 Kepala SMP di Inhu pada pengelolaan bantuan dana BOS beberapa waktu lalu.

Suasana sidang korupsi eks Kajari Inhu. (Foto: Istimewa)

“Memutuskan, menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwqa Hayyin Suhikto dengan pidana selama lima tahun dan denda Rp200 juta dengan subsider tiga bulan kurungan,” kata majelis hakim yang diketuai Saut Maruli Tua Pasaribu dalam sidang pembacaan vonis yang dilaksanakan secara virtual di ruang Soebakhti, lantai dua, PN Pekanbaru, Selasa (16/3/2021).

Sementara kepada kedua stafnya, Ostar Alpansri dan Rionald, yang juga diduga terbukti bersalah karena telah melakukan pemerasan. Hakim yang diketuai Saut Maruli Tua Pasaribu, memvonis kedua terdakwa empat tahun kurungan penjara. Pidana dikurangi masa tahanan dan denda Rp200 juta dengan subsider tiga bulan penjara.

“Dengan ini saudara Hayyin Suhikto dijatuhi hukuman lima tahun penjara dan denda Rp200 juta. Dikurangi masa tahanan,” ujar Hakim Ketua Saut Maruli Tua Pasaribu saat membacakan putusan.

Vonis kepada Ostar Alpansri dan Rionald lebih ini lebih berat dari tuntutan jaksa sebelumnya yang hanya 2 tahun penjara. Sedangkan, vonis hakim kepada mantan Kajari Indragiri Hulu itu juga lebih berat dari tuntutan jaksa. Sebelumnya jaksa menuntut Hayyin tiga tahun penjara

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button